MTsN 1 Bandar Lampung; Ayo Asah Motorikmu

Manusia mengalami perkembangan gerak motorik. Apa yang dimaksud dengan perkembangan gerak motorik? Apa yang dimaksud dengan gerak motorik kasar? Apa pula yang dimaksud dengan gerak halus? 

Simaklah penjelasan berikut ini! Perkembangan gerak motorik adalah perkembangan kemampuan manusia untuk mengontrol berbagai gerakan tubuh dan anggota tubuh serta kemampuan untuk  memanipulasi objek. 

Perkembangan gerak motorik terjadi sejak manusia berusia muda terutama saat dalam usia balita. Perkembangan gerak motorik sangat penting karena menentukan keterampilan gerak manusia untuk menjalankan berbagai jenis tugas dalam kehidupan sehari-hari.   

Perkembangan gerak motorik manusia dibagi menjadi dua jenis, yaitu perkembangan motorik kasar dan halus. Sebagaimana dilansir dari Social Science LibreTexts, perkembangan motorik kasar adalah perkembangan keterampilan yang melibatkan gerakan otot yang besar. Perkembangan motorik kasar memberikan kemampuan manusia mengkoordinasikan berbagai organ tubuh untuk melakukan gerakan yang besar. Misalnya, seorang bayi awalnya hanya bisa berbaring. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan motorik akan membuat bayi tersebut dapat tengkurap, bergerak maju mundur, dan mulai merangkak. 

Contoh gerak motorik kasar antara lain adalah berdiri, berlari, melompat, berenang, menyeimbangkan badan, menaiki tangga, melempar dan menendang bola, juga mengangkat dan memindahkan barang. 

Perkembangan motorik halus sebagaimana diilansir dari Lumen Learning, perkembangan motorik halus adalah perkembangan yang berfokus pada otot-otot jari tangan, kaki, dan mata yang memungkinkan koordinasi gerakan otot yang kecil. Perkembangan motorik halus memberikan kemampuan manusia untuk mengkoordinasikan berbagai organ tubuh dan melakukan gerakan yang kecil dan mendetail.

Misalnya, seorang balita tidak bisa menggenggam pulpen dengan benar dan hanya membuat coretan besar pada kertas. Namun, seiring dengan berjalannya waktu balita tersebut mengalami perkembangan motorik halus yang membuatnya dapat mengenggam pulpen dengan benar, menulis huruf dan angka, juga menggambar dan mewarnai objek secara detail. 

Contoh gerak motorik halus pada manusia adalah menulis, menggambar, memotong benda, menjentikkan jari, memasang dan melepas kancing baju, mengikat tali sepatu, menggunakan alat makan (sendok, pisau, garpu, dan sumpit), juga mengetik pada komputer.  

Berikut adalah salah satu gambar dari temanmu; 

Gambar Karya Nazwa Putri Guntoro Kelas 8D tahun pelajaran 2022_2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Datang